Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Spesies Kepiting Baru di Temukan di Taiwan

Posted by sariwibowoaang pada Agustus 12, 2010


Kepiting StrawberrySebuah kepiting spesies baru ditemukan di Kenting, Taiwan. Spesies ini ditemukan saat berlangsungnya proyek penelitian lingkungan hidup jangka panjang di Kawasan Perairan Taman Nasional Kenting.

Taman Nasional Kenting memberikan kepercayaan kepada Universitas Nasional Taiwan bidang Kelautan untuk melakukan penelitian terhadap spesies ini.

Juni tahun lalu, sebuah tanker milik Dubai terdampar di pantai Jialeshuei, Kenting.

Dr. Ho Ping Ho dari Universitas Nasional Taiwan bidang Kelautan menyelidiki dampak dari tumpahan minyak tanker tersebut ketika ia menemukan dua ekor kepiting spesies baru ini.

Karapas dari spesies kepiting baru ini memiliki lebar 2,5 cm, berwarna merah dengan bintik-bintik putih, oleh karena itu para peneliti menyebutnya sebagai kepiting “stroberi.”

Dua ekor kepiting yang ditemukan tersebut berjenis kelamin betina dan sudah dalam kondisi mati ketika ditemukan. Kedua kepiting itu dijadikan sebagai spesimen oleh para peneliti.

Para peneliti telah mengonfirmasikan bahwa spesies ini belum pernah didokumentasikan sebelumnya, dan spesies ini diklasifikasikan dalam genus Neoliomera.

Ho mengatakan bahwa hanya bagian “gonopods” dari kepiting jantan yang dapat digunakan dalam membedakan spesies kepiting ini, sehingga ia berharap dapat menemukan spesimen kepiting jantan. (Stephanie Lam/The Epoch Times/sun)

Tinggalkan komentar