Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Circle Crop Muncul lagi : Perpaduan Not Musik dan Matematika

Posted by sariwibowoaang pada Agustus 13, 2010


Crop circlePada 22 Mei di Wiltshire, Inggris, secara mengejutkan muncul lagi circle crop (lingkaran aneh di ladang pertanian), dan yang lebih mengherankan bentuk circle crop tersebut memperlihatkan “Teori Leonhard Euler yang paling indah di dunia”.

Lingkaran rumit tersebut berdiameter 300 kaki, terletak di sepetak ladang sayur berwarna kuning di sebelah timur Wilton Windmill dekat Marlborough.

Letaknya hanya terpaut sekitar 25 mil dari circle crop yang muncul 2 minggu sebelumnya, yang berlokasi di dekat perbukitan situs Old Sarum.

Peneliti circle crop, Lucy Pringle, tertarik untuk menyelidiki rahasia di balik gambar misterius ini. Ia mengatakan, “Saya yakin circle crop menampilkan dokumen biner, yaitu sistem bilangan yang hanya menggunakan 0 dan 1 saja.” (Umumnya orang menggunakan sistem 10 angka desimal, namun komputer menggunakan sistem biner.)

“Jika ditinjau dari pusat ke arah luar, circle crop ini terlihat menampilkan teori Euler, e^(i)pi+1=0, rumus matematika yang dijuluki rumus terindah di dunia.”

Ia menambahkan, circle crop ini bahkan juga mencakup sebuah melodi tersembunyi di baliknya. “Dipandang dari segi sejarah, circle crop senantiasa merefleksikan tangga nada pada piano (tuts putih). Frekuensi nada ini menggunakan pembagian segmen pada circle crop untuk membentuk susunan nada yang bisa diuraikan dan dimainkan dengan piano.” Circle crop ini menggabungkan nada musik dengan matematika, yang sama pentingnya dengan circle crop berbentuk “konstanta pi” yang muncul di Barbury Castle pada 2008.

Circle crop berbentuk konstanta pi muncul di sebuah ladang gandum di Barbury Castle, yang menampakkan 10 desimal pertama konstanta pi, yaitu 3.141592654. Gambarnya berupa gambar geometris.

Crop circleMike Reed, seorang ilmuwan astrofisika, membuat penjelasan matematis untuk merefleksikan fenomena ini setelah melihat circle crop tersebut.

Perkembangan gambar circle crop mulai dari bentuk sederhana saat pertama kali muncul di era 70-an hingga 80-an, berkembang menjadi bentuk biner di abad ke-21 sekarang ini. (The Epoch Times)

2 Tanggapan to “Circle Crop Muncul lagi : Perpaduan Not Musik dan Matematika”

  1. chilmi77 said

    misteri yg bisa dijadikan perenungan….minta izin share please….!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: