Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Virus Komputer Pertama Kali Dibuat Anak Usia 15 Tahun

Posted by sariwibowoaang pada September 8, 2009


Elk Cloner dinyatakan sebagai salah satu virus mikro komputer yang menyebar luas keluar dari ruan lingkup tempat pembuatanya.

Dibuat pada tahun 1982 oleh seorang murid Sekolah Menengah Atas yang berumur 15 tahun. Ia bernama Rich Skrenta. Virus yang ia buat, saat itu ditujukan untuk sistem komputer Apple II.

Saat itu Skrenta tidak lagi dipercaya oleh teman-tamannya. Hal itu disebabkan oleh kelakuannya yang secara ilegal membagikan game dan software, ia pun sering menggunakan floppy disk untuk mematikan komputer atau untuk menampilkan kata-kata mengejek pada layar. Akhirnya Skrenta pun memikirkan metode untuk melakukannya tanpa floppy disk agar ia tidak dicurigai.

Selama libur musim dingin di Mt. Lebanon High School,Pennsylvania,Amerika, Skrenta menemukan bagaimana cara menampilkan pesan secara otomatis di komputernya. Dan akhirnya dia menemukan apa yang dewasa ini disebut sebagai boot sector virus, dan mulai untuk menyebarkannya di kalangan teman satu sekolahnya serta di sebuah club komputer.

Dari sumber yang didapat virus itu cepat tersebar dan sukses menginfeksi floppy disk orang-orang yang ia kenal, termasuk guru matematikanya. Virusnya banyak merepotkan korban yang terinfeksi. Dapat dibayangkan bagaimana repotnya karena saat itubelum ada satupun antivirus. Virus elk cloner ini hanya dapat dihapus secara manual dengan langkah yang rumit.

Elk Cloner menyebar dengan cara menginfeksi sistem operasi Apple II dengan tehnik boot sector virus. Artinya jika kita melakukan booting komputer menggunakan floppy disk yang sudah terinfeksi maka virus akan secara otomatis terkopi ke memory. Dan apabila ada floppy disk bersih dimasukan ke komputer virus akan mengkopi dirinya ke floppy itu.

Komputer yang terinfeksi akan menampilkan sebuah puisi dilayar saat booting ke 50.

Dibawah ini puisinya :
Elk Cloner: The program with a personality
It will get on all your disks
It will infiltrate your chips
Yes it’s Cloner!
It will stick to you like glue
It will modify RAM too
Send in the Cloner!

Kesimpulannya, Elk Cloner tidak membuat sebuah kerusakan hanya merubah sistem pada floppy yang berisikan Apple DOS.

Saat ini, Skrenta jadi CEO di Blekko Inc, sebuah search engine internet

7 Tanggapan to “Virus Komputer Pertama Kali Dibuat Anak Usia 15 Tahun”

  1. marwan ardiansyah said

    Menurutku berita ini ndak tepat, virus komputer pertama kali ditemukan taun 1945, ketika protipe pertama kali komputer ditemukan. Saat itu belum dinamakan “virus” tapi “matrix” yaitu sejenis program buatan para programmer masa itu sebagai sebuah permainan. Permainan itu berupa program yang dapat saling memakan volume memori antara 2 prototipe komputer …. terlalu panjang jika ditulis disini, baca saja buku sejarah mengenai virus

  2. Hadi said

    Apakah virus komputer itu juga berupa makhluk hidup? Aku kurang tau.Menurut pendapatku mungkin juga virus komputer itu hanya sebagai sistem perusak software di jaringan komputer yang dibuat oleh Si pembuat software komputer untuk menjaga bisnis mereka.Mereka menjual program2,siapa saja yang mencuri program mereka,ilegal,atau cuma mengkopi saja,otomatis sistem perusak komputer/virus mereka akan menyerang komputer tersebut.Anti viruspun mereka juga yang jual,itulah rahasia bisnis mereka.

  3. Oh jadi begitu yah asal mula’y virus?
    Trima kasih ya mas sangat bermanfaat sekali buat saya.
    Salam kenal..

  4. zai arifin said

    WOI….! PEMBUAT VIRUS KALIAN SEMUANYA SETAN..! MAU KALIAN APA SIH? UNTK APA KALIAN MRUSAK SOFTWARE KMPUTER ORANG LAIN?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: