Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Tempat Pemurnian Emas Kuno ditemukan disepanjang Sungai Nil

Posted by sariwibowoaang pada Oktober 18, 2009


nile-big(02Sep09)Para arkeolog menemukan sebuah pusat pengolahan emas yang dipercaya telah beroperasi antara tahun 2000 dan 1500 sebelum Masehi.

Penemuan ini dilakukan oleh sebuah tim dari Universitas Chicago, terdiri lebih dari 55 penghancur batu yang terbuat dari granit (sejenis batuan metamorf), ditemukan di lokasi Hosh el-Geruf di sepanjang sungai Nil, 225 mil sebelah utara Khartoum, Sudan.

Beberapa penghancur batu sejenis ditemukan di lokasi-lokasi padang pasir, kebanyakan di sekitar Mesir, di mana batu-batu itu digunakan untuk menghancurkan bijih-bijih logam untuk mendapatkan logam mulia.

Para arkeolog mempercayai bahwa bijih logam yang masih tercampur tanah kemungkinan dicuci dengan air di dekat lokasi penemuan untuk memisahkan serpihan-serpihan emas.

“Sejumlah besar penghancur batu dan peralatan lainnya yang digunakan untuk menghancurkan dan menghaluskan bijih-bijih (logam) menunjukkan bahwa lokasi ini dulunya merupakan sebuah pusat pengelolaan produksi emas,” kata Geoff Emberling, Direktur Oriental Institute Museum sekaligus pimpinan tim ekspedisi.

Tim ekspedisi juga telah menggali sebuah makam yang berisi berbagai artifak. Diduga wilayah itu merupakan bagian dari kerajaan Kush, diketahui sebagai bagian pertama dari Kerajaan Sahara. Itu berarti kerajaan Kush jauh lebih luas dari yang dipercayai sebelumnya.

“Pekerjaan ini benar-benar menakjubkan, karena ini dapat memberikan gambaran awal mengenai organisasi ekonomi negara Afrika kuno yang masih belum banyak diketahui,” kata Gil Stein, Direktur Oriental Institut di Universitas Chicago.

Mempelajari Kush juga dapat membantu para pelajar agar lebih banyak mengetahui tentang kehidupan komunitas jaman dahulu di luar daerah pusat-pusat kekuasaan seperti Mesir dan Mesopotamia.

Ekspedisi yang diadakan University of Chicago merupakan bagian dari proyek penemuan  internasional (peninggalan kuno) yang mengacu pada pencarian artifak yang berhubungan dengan Kush dan peradaban lain yang bermunculan di daerah peninggalan kuno sebelum daerah tersebut tertutup endapan banjir sungai Nil.

Penelitian ini didanai oleh National Geographic Society dan the Packard Humanities Institute(rtr/ The Epoch Times)

5 Tanggapan to “Tempat Pemurnian Emas Kuno ditemukan disepanjang Sungai Nil”

  1. Timotius Jaya said

    wew, kalau sudah digunakan selama itu dan baru ditemukan kembali sekarang setelah sekian lama hilang, kira-kira deposit emas di sana masih ada nggak ya?

    Jika ditemukan makan kerajaan Kush tersebut bisa dibilang Kush merupakan salah satu kerajaan yang cukup maju ekonomi nya pada jaman nya.

    • sariwibowoaang said

      saya kurang begitu tahu mas, tapi kemungkinan besar sudah habis. Dan tentunya hal itu juga mendukung bahwa pada zaman piramida mesir begitu banyak harta2 berharga yang kesemuanya murni dari emas. Betul, dan herannya lagi pada zaman yang lampau itu sudah ditemukan cara mendulang emas dengan baik dan juga apakah hal tersebut murni dari tingkat intelegensia mereka yang sangat pintar pada zamannya. Atau ada hal lain!

  2. iroksbanget said

    sisa kejayaan bangsa mesir kuno

  3. ade said

    wah. gmn kalau hal itu jaga ada di indinesia.dimana mana ada emas pasti kita akan kaya raya

  4. alice pngen gituan said

    🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: