Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Pterosaurus Kuno Adalah Ahli Terbang

Posted by sariwibowoaang pada Oktober 18, 2009


RIO DE JAINERO-Fosil pterosaurus yang ditemukan di Tiongkok adalah binatang vertebrata kuno dengan kemampuan terbang. Terlihat dari lapisan sayap yang unik dan kompleks yang memungkinkan mereka untuk terbang dengan kejelian dan kontrol seperti layaknya seekor burung, demikian yang dikatakan peneliti.

Penemuan tim Brazil, Jerman, Tiongkok dan Inggris ini mendukung teori bahwa reptil yang mendominasi langit pada 220 juta tahun lalu yang juga dikenal sebagai pterodactyl, bukan hanya peluncur biasa.

Teknologi baru dengan penggunaan sinar ultra violet pada fosil (yang ditemukan di Mongolia tengah ini) memperlihatkan gambaran detail jaringan sayap pterosaurus, kata peneliti dalam sebuah konferensi di Rio de Janeiro.

Mereka juga menemukan bulu kasar mirip rambut yang menutupi bagian tubuh lain dan sebagian sayapnya.

Bulu kasar  ini dapat membantunya untuk mengontrol temperatur tubuh serta menunjukkan bahwa mereka adalah hewan berdarah panas, kata Alexander Kellner, seorang ahli paleontogi dari Brazil National Museum di Rio.

“Bulu mereka berbeda dengan mamalia lainnya dan hal itu memberikan kami petunjuk bahwa hewan ini dapat mengontrol temperatur tubuhnya, mereka adalah mamalia berdarah panas,” kata Alexander Kellner, ahli paleontologi dariBrazil National Museum di Rio.

“Sangat penting mengetahui cara kerja pterosaurus.”

Analisa UV dari fosil memperlihatkan bahwa hewan ini memiliki beberapa lapisan serabut untuk mengontrol sayapnya, sehingga diperkirakan hewan ini memiliki kendali dan kestabilan yang lebih kuat saat terbang dibanding hewan terbang lainnya seperti kelelawar, hal ini berbeda dari anggapan sebelumnya,.

Pterosaurus, vertebrata berukuran kecil hingga besar ini telah punah sekitar 65 juta tahun lalu, hampir bersamaan dengan kepunahan massal dinosaurus.  (Reuters/rob)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: