Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

2 Temuan Baru dari Brazilia

Posted by sariwibowoaang pada Agustus 27, 2009


1. Fosil Buaya  Armadillo

090708-armadillo-crocodile-brazil_bigSebuah fosil buaya berbadan mirip armadillo berhasil ditemukan dan dipamerkan di sebuah museum lingkungan Hidup di Brazil.

Sebagaimana diberitakan National Geographic, Jumat (10/7) disebutkan hewan yang latinnya diberinama Armadillosuchus arrudai ini termasuk dalam spesies buaya baru yang mengembara di Brazil sekitar 90 juta tahun silam selama masa akhir Cretaceous period, jelas para ilmuwan.

Hewan ini memiliki panjang 6,6 kaki (2 meter), berat sekitar 265 pon (120 kilogram), dan kepala berbentuk lebar menyempit dengan moncong bergigi. “Satu hal yang aneh adalah lapisan tubuhnya yang tidak ditemukan pada spesies buaya manapun,” kata Ismar de Souza Carvalho, pakar paleontologi di Federal University di Rio de Janeiro.

Dan keanehannya tidak berhenti pada itu saja. Thiago Marinho, pakar paleontologi di Federal University menambahkan makhluk crocodyli ini mengunyah seperti hewan mamalia lainnya. Pada umumnya, buaya modern menggunakan rahangnya untuk mencabik-cabik makanan dan langsung menelannya.

Namun, berdasarkan fosil yang ada, hewan ini bisa menggeserkan rahang bawahnya ke depan dan ke belakang. Dengan menggunakan gigi-giginya, ia mengoyak-ngoyak daging kering, akar, cabang-cabang pinus dan binatang moluska, jelas Marinho.

2. Kera Jenis Baru

Mura's saddleback tamarinSementara itu, sejumlah peneliti, baru-baru ini juga mengumumkan telah menemukan subspesies baru kera di satu bagian terpencil hutan hujan Amazon di Brazil. Sebagian besar tubuh kera itu berwarna abu-abu dan coklat tua dan memiliki kaitan dengan kera “saddleback tamarin”, dengan “sadel” yang sangat berbeda.

Kera tersebut diberi nama “Mura’s saddleback tamarin”, yang diambil dari nama suku Indian Mura di lembah Sungai Purus dan Madeira, tempat hewan itu ditemukan. Kera tersebut memiliki berat satu pon (213 gram) dan tinggi sembilan inci (240 milimeter) serta ekor sepanjang satu kaki (320 milimeter). Kera kecil itu pertama kali dilihat oleh beberapa ilmuwan dalam satu ekspedisi 2007 ke pedalaman negara bagian Amazonas di bagian barat-laut Brazil.

“Kera yang baru digambarkan ini memperlihatkan bahwa sekalipun hari ini ada temuan besar margasatwa,” kata Fabio Rohe, pemimpin penulis studi tersebut, yang mengkonfirmasi temuan baru itu.

“Temuan ini mesti menjadi seruan guna membangkitkan kesadaran bahwa masih sangat banyak yang dapat dipelajari dari alam liar di dunia, sedangkan manusia terus mengancam semua daerah ini dengan pengrusakan,” kata Rohe.

Satu Tanggapan to “2 Temuan Baru dari Brazilia”

  1. Ada banyak yg masih misterius.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: