Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Otak Manusia Produksi Ganja sendiri

Posted by sariwibowoaang pada Agustus 20, 2009


Ilmuwan AS dan Brasil berhasil menemukan bahwa otak manusia memproduksi protein yang bertindak sebagai ganja pada reseptor otak yang spesifik. Penemuan ini mungkin akan mengarah pada pembuatan obat baru mirip ganja untuk mengatasi rasa sakit, merangsang selera makan, dan mencegah pe-nyalahgunaan ganja.

“Idealnya, penemuan ini akan mengarah pada pembuatan obat baru untuk mengikat dan mengaktifkan reseptor THC, tetapi meniadakan efek sampingan yang membatasi kegunaan ganja” kata Lakshmi A. Devi dari Departemen Ilmu Farmasi dan Ilmu Terapi di Mount Sinai Schoolof Medicine, New York.

Lakshmi adalah salah seorang peneliti senior yang dilibatkan dalam studi tersebut. “Mempunyai obat yang dapat mengaktifkan atau merintangi reseptor THC akan sangat bermanfaat, dan penemuan  kami meningkatkan kemungkinan dihasilkannya obat yang efektif dengan efek samping yang lebih sedikit.”

Ilmuwan membuat penemuan mereka dengan terlebih dulu mengekstrak beberapa protein kecil yang dinamakan peptides, dari otak tikus dan menentukan urutan asam amino mereka.

Protein yang diekstrak tersebut kemudian dibandingkan dengan peptides lainnya yang bisa bisa mengikat reseptor (THC) yang dipengaruhi oleh ganja tetapi tidak mengaktifkannya. Dari protein yang diekstrak tersebut, sebagian bukan saja terikat pada reseptor THC otak, tetapi juga mengaktifkannya.

“Perang Narkoba sudah memasuki rumah-rumah,” kata Gerald Weissmann, M.D., Kepala Redaktur Jurnal FASEB. “Tahun lalu, ilmuwan menemukan bahwa kulit manusia memproduksi substansi seperti ganja.”

“Sekarang, kita tahu bahwa otak manusia juga menghasilkan protein yang aktif secara langsung pada reseptor ganja di kepala kita. Langkah berikutnya adalah ilmuwan harus bisa menghasilkan obat baru yang dapat menyingkirkan efek buruk dari ganja.”  (Sciencedaily/rob)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: