Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Rekor Pecahan Uang Kertas

Posted by sariwibowoaang pada Juli 26, 2009


Zimbabwe kembali menghebohkan dunia dengan menerbitkan uang kertas pecahan 100 triliun dollar. Ini merupakan uang kertas dengan pecahan tertinggi. Sebelumnya, Zimbabwe sudah mengedarkan uang kertas pecahan tertinggi 100 miliar dollar.180019p

Penerbitan uang kertas dengan nilai spektakuler ini merupakan upaya terbaru negara Afrika itu untuk menahan hiperinflasi yang telah membuat perekonomian negara itu compang-camping. Uang kertas baru dengan 14 digit nol (100.000.000.000.000) itu akan setara sekitar 300 dollar AS atau sekitar Rp 3,3 juta.

Surat kabar pemerintah, Herald, melaporkan, Jumat (16/1), Reserve Bank of Zimbabwe juga akan menerbitkan tiga uang kertas lainnya dalam denominasi triliun dollar, yakni 10, 20, dan 50. Padahal, baru pekan lalu bank itu mengeluarkan uang kertas dalam denominasi miliar dollar, masing-masing 10, 20, dan 50 dengan tujuan yang sama.

Namun, uang-uang kertas itu tidak lagi cukup untuk menjaga hiperinflasi. Nilai mata uang dollar Zimbabwe terus turun setelah inflasi mendera hingga sebesar 231 juta persen pada Juli. Para pakar keuangan memperkirakan nilai inflasi akan naik lebih tinggi berkali-kali.

Sumber : Kompas.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: