Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Anggrek Pleihari

Posted by sariwibowoaang pada Juli 14, 2009


Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) memiliki kekayaan flora yang khas, khususnya anggrek langka yang hanya tumbuh di kawasan Pleihari, Kabupaten Tanah Laut (Tala).

“Anggrek Pleihari itu telah dijadikan puspa pesona nasional,” kata Ketua Perkumpulan Anggrek Indonesia (PAI) Kalsel, Hj Aida Muslimah kepada pers di Banjarmasin, Senin (16/3).

Menurut Hj Aida Muslimah yang juga isteri Wakil Gubernur Kalsel, Rosehan NB tersebut, anggrek Pleihari (Phalaenoasis amabilis pleihari) adalah sejenis anggrek bulan yang hanya ada di hutan kawasan Pleihari.

Kekhasan anggrek tersebut menyebabkan Ibu Wakil Presiden RI, Ny Hj Jusuf Kalla yang juga Ketua DPP PAI saat berkunjung ke Banjarmasin dan berkesempatan meninjau pembudidayaan anggrek tersebut, terkesan dan lantas membelinya untuk dibawa ke Jakarta, beberapa waktu yang lalu.

Kini, katanya, jenis anggrek ini sudah mulai banyak dibudidayakan, seperti di lokasi screen house milik Pemkot Banjarmasin, Dian Orchid Jalan Belutung Darat, serta beberapa rumah pembudidayaan anggrek Kalimantan lainnya.

“Kita bangga memiliki anggrek spesies Pleihari yang terkenal tersebut, dan juga masih banyak lagi anggrek jenis lain di hutan Kalsel. Jumlahnya diperkirakan mencapai 3.000 species,” kata Hj Aida Muslimah.

Untuk lebih menanamkan kecintaan terhadap anggrek, PAI Kalsel sudah beberapa kali menggelar kontes, dan ternyata selalu memperoleh perhatian masyarakat.
Selain itu, PAI Kalsel juga menggelar pelatihan tentang tanaman anggrek, yang menghadirkan ahli anggrek Indonesia Franky Handoyo, bertempat di DF Orchids Jalan Belitung, Minggu (8/3) lalu. Kegiatan ini diikuti kalangan pencinta dan pelestari anggrek Kalimantan.

Anggrek Pleihari menurut Sukaisih, seorang pemelihara anggrek di Kota Pleihari, adalah sejenis anggrek bulan yang hanya ada di hutan kawasan Pleihari, tetapi uniknya, beda lokasi maka akan berbeda pula bentuk bunganya.

Sumber: Kompas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: