Indo_Artikel

Just another WordPress.com weblog

Industri di Jaman Lampau

Posted by sariwibowoaang pada Juni 29, 2009


Jaman Industri Dari Orang-orang Jaman Dahulu

Adalah pernah suatu jaman industri prasejarah, sebagaimana dinyatakan oleh para sarjana tertentu, yang tidak Ortodox? Dalam mitologi Yunani yang mula pertama, kita jumpai Vulkan, Dewa Api pandai besi, yang tempat kerjanya terletak digunung Etna di Sisilia. Selanjutnya, orang-orang pra-sejarah itu mengenal empat peredaran waktu, yaitu jaman emas, jaman perak, jaman tembaga dan jaman Besi.

Besi dan tembaga merupakan dua macam logam, yang amat sulit untuk dibuat dan untuk dikerjakan. Tembaga, suatu campuran yang sangat keras, untuk sebagian terdiri dari timah. Dimanakah dan kapankah timah itu diketemukan? Ilmu pengetahuan jaman sekarang tidak memberikemungkinan untuk menjawab pertanyaan itu.

Pada waktu itu tempat persediaan timah terdapat di Gaul, di Etruria, di Cornwall, di Bohemia dan di Spanyol, sedangkan kuningan terdapat di Sinai, portugal, Kreta, Spanyol dan Siprus. Bagaimanakah orang-orang jaman pra-sejarah itu dapat mengumpulkan hasil tambang yang dibutuhkan untuk membuat tembaga, dari daerah terpencar itu?

Masih ada lagi pertanyaan lain: Bagaimanakah nenek moyang kita itu dapat mengatur pemanasan tungku-tungku sampai temperatur 1000 derajat yang dibutuhkan untuk campuran logam tembaga itu?

Teka-teki yang menjemukan

Para akhli penyelidikan Amerika menganalisa sebuahbenda dari jaman pra-sejarah, dan menemukan bahwa para penduduk Amerika Utara gunakan tungku-tungku, yang mampu mencapai temperatur setinggi 9000 derajat celsius.

Lain-lain misteri mengganggu para sarjana kita. Sebuah ikat pinggang terbuat dari logam, didalam makam Jenderal Cina Chow Chu, yang hidup dalam abad ke 3, terbuat dari 5% logam Mangan, 10% logam kuningan dan 85% logam aluminium baru diketemukan dalam tahun 1875 oleh Oersted, dan lagi hanya dalam bentuk bubuk, sehingga penggunaannya harus dilakukan melalui proses khemis. Apakah dengan demikian, kita hanyalah menemukan kembali sesuatu yang telah diketahui oleh orang Cina 1700 tahun yang lalu?

Dan ini ada lagi teka teki yang membingungkan ilmu pengetahuan, tihang Kutb Minar di Delhi, yang tingginya tujuh setengah meter dan beratnya 6 ton. Tihang itu berasal abad ke 5 dan, walaupun demikian sama sekali tidak menunjukkan adanya tanda-tanda berkarat, sekalipun telah 15 abad mengalami bermacam-macam cuaca tanpa perlindungan.

Suatu Pusat-perindustrian Lima-ribu Tahun Yang Lalu

Marilah kita kembali pada soal-soal yang lebih nyata. Pembuatan benda-benda dari logam, memberikan dugaan kepada kita, tentang pasti adanya pabrik-pabrik yang layak.

Walaupun pikiran modern tidak menyetujui dugaan demikian, namun kita terpaksa menerima sebagai suatu bukti, adanya kenyataan, bahwa di Medzamor, Armenia, Dr. Korioun Meguertchian telah menggali keluar sebuah pabrik pengolahan logam, yang diperkirakan berumur 5.000 tahun.

Terpencar di sekitar tempat itu terdapat banyak pisau, paku, anak panah, gelang dan cincin dari logam. Lain-lain penyelidik, setelah Dr. Meguertchian, menemukan sebuah bengkel penuangan besi, di mana orang-orang pra-sejarah itu mengerjakan timah-hitam, seng, manggan, baja, dan lain-lain logam lagi…….

Para sarjana, yang tadinya meragukan adanya tungku-tungku pembakaran atau pencairan logam, kini menjumpai bahan bukti yang nyata; dua-puluh lima buah bangunan tungku telah diketemukan. Menurut perhitungan, seharusnya paling sedikit terdapat dua-ratus buah.

Penemuan-penemuan itu merobah sama sekali pengertian para sarjana mengenai pra-sejarah. Seorang ahli arkheologi Amerika, Richard Helffson, bertanya-tanya: “Masih dapatkah dibenarkan, kalau kita menyebut suatu jaman sebagai Jaman Tembaga, kalau Jaman itu telah mempunyai suatu pusat perindustrian, yang sudah sama rumitnya dengan perindustrian kita sekarang?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: